AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Vol 9, No 2 (2019): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Manajemen Penilaian Sumatif pada Ranah Kognitif Pembelajaran PAI Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Mabid Barokah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini mempunyai tiga tujuan yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut  penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas X semester ganjil di SMA Negeri 2 Pontianak tahun pelajaran 2017/ 2018.Penelitian ini menggunakan  jenis penelitian survai dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif.Adapun teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini ialah:1)Perencanaan penilaian sumatif yang dilakukan guru yaitu merumuskan tujuan penilaian berdasarkan buku pegangan guru,membuat kisi-kisi beracuan pada kesimpulan dari materi, hadits-hadits dan peta konsep yang terdapat di buku paket,kisi kisi yang dibuat guru tidak sesuai dengan aturan sehingga tidak terstuktur dan terperinci,guru membuat soal langsung mengambil dari buku LKS dan membuat kunci jawaban.2)Pelaksanaan penilaian sumatif yang dilakukan guru ialah mempersiapkan ruangan dengan memperhatikan kebersihan dan kursi,mengabsen,membagikan soal dan  mengumpulkan lembar jawaban siswa berdasarkan nomor urut ujian yang ditempel di setiap meja.3)Tindak lanjut penilaian sumatif yang dilakukan guru ialah memberikan skor pada soal pilihan ganda skor 1 untuk jawaban benar dan skor 0 jawaban salah.Sedangkan soal essay dengan memberikan skor yang sama untuk soal mudah dan sukar dengan point 5 pada tiap- tiap soal dan membuat pelaporan hasil belajar yang akan diberikan kepada siswa dan kepala sekolah.Kata kunci: Perencanaan, Pelaksanaan dan Tindak Lanjut Penilaian Sumatif 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

idaroh

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a ...