Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Analisis Sistem Proses Pengelolaan Surat Masuk Dan Keluar Di Pemerintah Kota Bekasi (Studi Kasus Pada Bagian Bina Ekonomi, Pembangunan Dan Bina Ketahanan Pangan Sekretariat Daerah Kota Bekasi)

Utomo, Kurniawan Prambudi (Unknown)
Daryoto, Daryoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

This study was conducted to determine how the system of management of incoming and outgoing mail for people who need public services related in Bekasi City Government and the research carried out for 3 months from September to Nopember 2015 in the area of Bekasi City Government. The variables of this study using interviews with relevant officers primarily to explain the process incoming mail, while the results of this study is that the influx of letters from outside agencies devoted to the Mayor, will be processed by the administration and to the Regional Secretary and to the Regional Assistant II and then lowered to Section development and Secretariat. This letter was an oversight on the part of the administration in charge is a Head of section, and then forwarded to the Head of Department (Head) and proceed to the Regional Assistant II and continued to the Regional Secretariat so that in the Mayor, not infrequently this can take up to several days, and the process of these activities is influenced by infrastructure storage of documents (letters), human resources, and financing available, but these factors have not run optimally as expected. The results of these studies concluded that the management system of incoming mail is still modest standards and should have been given  more attention on human resources in related fields so that the management of correspondence simpler so it does not take many days, considering it included a public service.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan surat masuk dan keluar dan bagaimana prosesnya. Hal ini diperlukan bagi masyarakat terkait pelayanan publik di Sekretaris Daerah lalu  ke Asisten Daerah II kantor Pemerintah Kota Bekasi dan  penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dari Juli-September 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara langsung dengan pegawai terkait dengan menjelaskan proses surat masuk dan surat keluar di Sekretaris Daerah lalu  ke Asisten Daerah II kantor Pemerintah Kota Bekasi. Hasil penelitian ini bahwa proses masuknya surat dari instansi luar yang ditujukan ke Walikota, akan diproses oleh tata usaha lalu ke Sekretaris Daerah lalu  ke Asisten Daerah II. Kemudian, surat akan diturunkan ke Bagian Pembangunan dan Bina Ketahanan Pangan Sekretariat. Surat ini adalah pengawasan dari pihak bagian tata usaha sebagai penanggung jawab adalah Kepala Sub Bagian, lalu diteruskan ke Kepala Bagian (Kabag) dan dilanjutkan ke Asisten Daerah II dan dilanjutkan ke Sekretariat Daerah sehingga di Walikota. Tidak jarang hal ini memerlukan waktu sampai berhari-hari, dan proses kegiatan tersebut di pengaruhi oleh sarana dan prasarana penyimpanan dokumen (surat), sumber daya manusia, dan pembiayaan yang ada, namun faktor tersebut belum berjalan optimal sesuai yang diharapkan. Kesimpulan dari  penelitian ini bahwa sistem pengelolaan surat masuk keluar masih standar sederhana dan perlu mendapat perhatian lebih sehingga kepengurusan surat-menyurat lebih sederhana sehingga tidak memerlukan waktu sampai berhari-hari, mengingat ini termasuk pelayanan publik. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JAK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesialis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, dan ilmu-ilmu terkait lain yang mengedepankan pemikiran-pemikiran dalam bentuk karya tulis, analitis, refleksi kritis dan bertujuan menyebarluaskan ide, pandangan, opini, hasil studi ilmiah dan hal lain yang ...