Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI PERMAINAN KASTI

Tukiran Tukiran (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Melalui permainan kasti anak akan memperoleh pengetahuan yang berhubungan gerak benda. Setiap hari anak melihat dan mengamati bahkan menggerakkan benda. Kenyataannya anak belum mengetahui macam dan manfaat gerak benda bagi kehidupan. Pembelajaran IPA di SD negeri 1 Dompyong masih konvensional, siswa belum terlibat aktif, menggunakan metode caramah. Akibatnya ketuntasan klasikal belum tercapai. Rumusan masalah penelitian : Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar IPA materi gerak benda melalui permainan kasti Siswa Kelas III Semester II Tahun Pelajaran 2014-2015 Sekolah Dasar Negeri 1 Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek ? Tujuan penelitian : untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA materi gerak benda melalui permainan kasti Siswa Kelas III Semester II Tahun Pelajaran 2014-2015 Sekolah Dasar Negeri 1 Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek . Berdasarkan hasil ulangan prestasi IPA gerak benda meningkatkan, nilai rata-rata siklus I 70,05, siklus II 80,05. Ketuntasan belajar klasikal a siklus I 55 % , siklus II 100 %.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...