Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak, penarikan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh audio visual terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dwi Utama, hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberiperlakuan yaitu 12,86 menjadi 27,62 dengan thitung>ttabel, yaitu 2,1167>1,7530 (2) Tidak ada pengaruh media visual terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dwi Utama, terlihat dari rata-rata 9,87 menjadi 11,06 dengan thitungttabel yaitu 4,1793>1,69913.
Copyrights © 2020