Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rantai pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran petani kelapa sawit di Desa Prapat Janji, Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan. Metode sampling yang digunakan adalah Disproportionate Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah petani, pedagang pengumpul, pedagang besar dan pabrik kelapa sawit yang berada di Desa Prapat Janji dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 rantai pemasaran petani kelapa sawit di Desa Prapat Janji yang terdiri dari yaitu rantai pemasaran I : petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – pabrik kelapa sawit. Rantai pemasaran II : petani – pedagang besar – pabrik kelapa sawit. Margin pemasaran kelapa sawit pada rantai pemasaran I lebih besar dari rantai pemasaran II sebesar Rp.333/Kg dan rantai pemasaran II lebih efisien sebesar 0.11%.
Copyrights © 2018