Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 7, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X APK DI SMK 2 KRIAN

MAULANA HAMDANI, RIZKI (Unknown)
ROSY, BRILLIAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2019

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada kompetensi dasar menerapkan penanganan surat masuk kelas X APK SMK 2 Krian. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Krian tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design (Eksperimen Semu) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK sejumlah 70 siswa di SMK 2 Krian, kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah sebesar 49,85, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 53. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 87,28, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 82,71. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 37, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 30. Berdasar hasil uji t posttest, nialai thitung 3,962 dengan sig. sebesar 0,006. Pada nilai ttabel diketahui sebesar 1,995 sehingga t-test < 0,05 yaitu 0,006 < 0,05 serta thitung > ttabel ialah 3,962 > 1,995. Sementara itu hasil uji t selisih pretest-posttest memperoleh hasil nilai thitung 2,850 dengan sig. 0,00 sedangkan untuk nilai ttabel 1,995 dengan taraf sig. 0,05 sehingga t-test < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung > ttabel 2,850 > 1,995. Mengacu dari hasil tersebut maka H1 diterima dan H0 ditolak, dengan itu disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas yang digunakan untuk penelitian. Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...