Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai “Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dalam Upaya Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (The Classroom Action Research). Dalam desain yang di gunakan adalah model siklus yang meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Populasi yang di gunakan dengan cara purposiv sampel, sebanyak 32 siswa kelas III. Instrument yang digunakan adalah berupa catatan lapangan (Duration Recoding) yaitu penggunaan waktu aktif belajar pendidikan jasmani melalui observasi dengan rerata 55% sehingga di tentukan target capaian dengan rerata 80%. Berdasarkan peneltian pada siklus I (Tindakan I, II dan III) 80,43%, dikarenakan sudah melampaui target penelitian di cukupkan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisi data maka di peroleh kesimpulan pemanfaatan media pembelajaran pendidikan jasmani cukup berarti terhadap peningkatan waktu aktif belajar siswa SDN Sarimulya 1 Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang.
Copyrights © 2019