Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018

Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan

Muhamad Syamsul Taufik ((Sinta ID : 6691676)"Universitas Suryakancana")



Article Info

Publish Date
09 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola teknik dasar dribbling pada siswa kelas V SDN Sindang Barang Kota Bogor, melalui modifikasi permainan. Memperoleh informasi secara mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran sepakbola teknik dasar dribbling dengan menggunakan modifikasi permainan pada siswa kelas V SDN Sindang Barang Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart yang berupa siklus. Selain itu penelitian tindakan dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang tindakan dan penerapan modifikasi permainan dalam cabang olahraga sepakbola untuk meningkatkan gerak dasar siswa V teknik dasar dribbling. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sindang Baran Kota Bogor. Waktu pelaksanaan penelitian pada akhir bulan Maret sampai ditentukan. Dengan frekuensi penelitian adalah dua kali pertemuan satu minggu sekali. Subyek penelitian dalam penelitian meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling sepakbola melalui modifikasi permainan adalah siswa kelas V SDN Sindang Barang kota bogor yang berjumlah 21 orang, yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah angket, kuesioner, serta instrumen tes dribbling pada pembelajaran olahraga sepakbola yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan siswa pada hasill belajar dribbling sebagai subjek penelitian.Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar teknik dasar dribbling sepakola adalah 77,6 dengan persentase ketuntasan 66,67% siswa yang lulus, Dan dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,98 dengan persentase ketuntasan 95.24% siswa yang lulus Hasil tes awal dan tes akhir penelitian dengan jumlah sampel 21 siswa yaitu mencapai peningkatan 95.24% atau lebih dari 80%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  modifikasi permainan dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling sepakbola. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa pembelajaran teknik dasar dribbling pada pembelajaran sepakbola membuat dengan modifikasi permainan dapat meningkatkan gerak dasar siswa kelas  V pada SDN Sindang Barang Kota Bogor

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

maenpo

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Public Health Other

Description

Maenpo Journal is a Journal of Physical Education in Health and Recreation which is published online and this Journal is published 2 times / year in the period January-June and July-December p-ISSN (2089-2341). e-ISSN (2721-7175)is published by the Physical Education and Health Study Program, FKIP ...