Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Vol 9, No 2 (2019): VOLUME 09 NOMOR 2 TAHUN 2019

Peningkatan Kemampuan Gerak Manipulatif Melalui Permainan Bowling Botol

Alawiyah Rahma (UPI Kampus Tasikmalaya, Indonesia)
luitfi nur (universitas Pendidikan Indonesia)
Ervan Kastrena (universitas suryakancana)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan gerak manipulatif anak usia dini, dengan permasalahan yang muncul yaitu kemampuan gerak manipulatif yang belum optimal pada anak kelompok A di RA Al Istiqomah Kota Tasikmalaya. Dalam pembelajaran motorik kasar terutama dalam gerak manipulatif di PAUD, permainan yang digunakan yaitu menangkap dan melempar bola dilakukan berulang-ulang. Hal ini ditunjukan dengan indikator kemampuan gerak manipulatif anak dalam melempar dan menangkap bola yang masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memilih dan menggunakan permainan bowling botol.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A, guru RA Al Istiqomah Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan persentase dan data kualitatif menggunakan catatan lapangan. Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil analisis, disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran hasilnya baik, ada perkembangan dari setiap tindakan siklus I sampai siklus III. Kemampuan gerak manpulatif anak melalui permainan bowling botol dari setiap siklus I sampai siklus III hasilnya baik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

maenpo

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Public Health Other

Description

Maenpo Journal is a Journal of Physical Education in Health and Recreation which is published online and this Journal is published 2 times / year in the period January-June and July-December p-ISSN (2089-2341). e-ISSN (2721-7175)is published by the Physical Education and Health Study Program, FKIP ...