Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan
Volume 14 Nomor 1 Tahun 2020

Membangun Kepuasan Nasabah Berbasis Dimensi Banking Service Quality (Studi Bank Syariah di Kabupaten Jember)

Mohamad Dimyati (FEB, Universitas Jember)
Mochammad Farid Afandi (FEB, Universitas Jember)
Fajar Destari (FEB, Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan dimensi Banking Service Quality (BSQ) terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah di Kabupaten Jember. Dimensi BSQ yang diteliti meliputi keefektifitan dan jaminan, akses, harga, keterwujudan, portofolio jasa dan keandalan. Rancangan penelitian menggunakan confirmatory research dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi penelitian adalah nasabah Bank Syariah milik Pemerintah Cabang Jember (BNI Syariah, BRI, Syariah, Mandiri Syariah, dan Bank Jatim Syariah) yang mencakup nasabah penabung dan peminjam dana. Teknik sampling menggunakan purposive convinience sampling dengan jumlah sampel 120 nasabah yang dialokasikan secara disproporsional ke masing-masing bank. Dalam studi ini digunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program software Amos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat dimensi BSQ (keefektifian dan jaminan, akses, harga serta keterwujudan) berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Sedangkan dua dimensi lainnya, yaitu dimensi portofolio jasa dan keandalan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmbk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Matrik:Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan is a scientific journal published by the Department of Management, Faculty of Economics, Udayana University which aims to publish articles of empirical and theoretical studies in the field of marketing management, finance, human resources, ...