Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA

Anastasia Sri Mendari (Universitas Katolik Musi Charitas)
Suramaya Suci Kewal (Universitas Katolik Musi Charitas)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai motivasi belajar mahasiswa, dengan menggunakan alat ukur yang diadopsi dari MSLQ. MSLQ merupakan kuesioner yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa, serta melihat perbedaan motivasi belajar mahasiswa berdasarkan program studi dan gender. Responden penelitian ini adalah mahasiswa STIE Musi yang aktif dari program studi manajemen dan program studi akutansi dari semua angkatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling accidental. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar mahasiswa STIE Musi tergolong sedang, dengan nilai rata-rata 3,21. Hasil pengujian regresi terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa, sedangkan dari hasil uji beda tidak terdapat  perbedaan motivasi belajar berdasarkan program studi, dan tidak ada perbedaan motivasi belajar berdasarkan gender.Kata kunci : motivasi, motivasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2015