Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Vilia Putri Sukmayahya (Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)
Diana Rahmawati (Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa kelas XI Akuntansi 4 SMK N 1 Jogonalan tahun ajaran 2016/2017 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Teknik pengumpulan data dengan tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan catatan lapangan.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskitif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pre test sebesar 44,33 meningkat menjadi sebesar 82,11 pada post test atau meningkat sebesar 37,78 atau 85,22%. Pada siklus II, rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pre test sebesar 48,89 meningkat menjadi sebesar 91,11 pada post test atau meningkat sebesar 42,22 atau 86,36%. Ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi pada pre test siklus I sebesar 5,56% meningkat menjadi sebesar 63,89% pada post test atau meningkat sebesar 58,33%. Pada siklus II, ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi pada pre test sebesar 11,11% meningkat menjadi 86,11% pada post test atau meningkat sebesar 75,00% sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Kata kunci:  Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction.

Copyrights © 2017