VA
Vol 1, No 1 (2013): Volume 1 edisi Yudisium 2013

PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK DENGAN CARA MEMPERBANYAK CONTOH GAMBAR BENTUK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS 2 SD NEGERI TUBAN

AZIZ, ABDUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2014

Abstract

Dalam pembelajaran menggambar bentuk siswa mengalami kesulitan pada saat pendidik menerangkan contoh gambar di papan tulis, karena dengan media papan tulis warna yang diperoleh hanya hitam dan putih, Oleh karena itu peneliti ingin memberikan media pembelajaran berupa media gambar dengan memberikan banyak contoh-contoh gambar, sehingga siswa tertarik untuk mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan “jenis penelitian deskriptif eksplorasi” tujuan menggambarkan keadaan atau status gejala, data kualitatif dipisahkan menurut kategori, di diskkripsikan, disimpulkan. Peneliti merancang media pembelajaran berupa media gambar dalam pembelajaran menggambar bentuk, tahapan dalam perancangan media gambar meliputi, materi pembelajaran, perancangan media gambar, ujicoba dan hasil validasi ahli, serta perbaikan bentuk media. Berdasarkan penilaian dari validator pada segi komponen materi, sangat baik dengan nilai 90% dan penilaian dari tiga validator pada aspek penyajian media, baik dengan nilai rata-rata 84,28 % dan hasil wawancara pendidik memberikan tanggapan media yang diterapkan sudah baik sudah dapat membuat hasil gambar siswa tergolong baik. Berdasarkan penelitian hasil belajar siswa dalam tugas pertama, hasil rata-rata siswa 79,11, dari tugas kedua  hasil rata-rata siswa 79,41, dari tugas ketiga hasil rata-rata siswa 77,94.  Maka hasil rata-rata gambar siswa dengan menggunakan media gambar tergolong baik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Menggambar bentuk, Sekolah Dasar  In learning draws to form student experiencing unexpected upon educator enlightens to sample image at blackboard, since with colour blackboard media that acquired just black and white, Therefore researcher wants to give learning media as media of image by gives a lot of example draw, so student most draw for follow teaching and learning process. This research utilizes “ descriptive observational type exploration ” aim figure situation or phenomena state, kualitatif's data is came to pieces according to category, at diskkripsikan, concluded. Researcher designs learning media as media of image in learning draws to form, step in design of image media covers, learning material, design of image media, ujicoba and result validates pro, and fixed up media form. Base estimation from validator on material component facet, very good with point 90% and estimations of three validator on media representation aspect, well with average value 84,28 % and yielding educator interview give media comment those are applied was good can make student image result comes under good. Base yielding research studies student in first task, result average student 79,11, of task second usufructs averagely student 79,41, of yielding drd task average student 77,94.  Therefore result average pictured student by use of image media comes under good. Keywords: Media, Drawing form, Elementary School

Copyrights © 2013