Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP LOGIKA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Muhammad Iqbal (Unknown)
Sugeng Sutiarso (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2017

Abstract

This research aimed to develop the students worksheet by contextual approach and find out its effectiveness in term of students mathematical conceptual understanding. The subject of this research was students of Xth grade at SMAN 1 Kedondong Pesawaran in academic years of 2015/2016. The research and development followed steps of Borg Gall. The data collection techniques used students worksheet and test. The results of research showed that the students worksheet able to facilitate conceptual understanding of logical mathematics and students had achieved minimum criteria of mathematical conceptual understanding.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan pendekatan kontekstual dan mengetahui keefektifannya ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedondong, Pesawaran, tahun akademik 2015/2016. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti langkah-langkah Borg Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kerja peserta didik dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan mampu memfasilitasi pemahaman konsep logika matematika dan siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dalam pemahaman konsep matematika.Kata kunci: LKPD kontekstual, logika matematika, pemahaman konsep

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...