Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Della Anggraini (Unknown)
Pentatito Gunowibowo (Unknown)
Arnelis Djalil (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2016

Abstract

This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of problem based learning viewed by student's mathematical communication skill. The population of this research was all students of grade seventh in Junior High School 22 Bandar Lampung that were distributed into 12 classes. The samples of this research were students of VII-A and VII-B class which were chosen by purposive random sampling. This research used pretest-posttest control design. Based on the result of this research, it was concluded that problem based learning wasnt effective viewed by student's mathematical communication skill.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, problem based learning

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...