AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh pemberian reward dan punishment secara parsial dan simultan terhadap motivasi muhadatsah yaumiyyah siswa di pondok pesantren modern Tgk. Chik Oemar Diyan. Untuk mencapai tujuan ini maka metodologi penelitian yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasinya adalah seluruh siswa di Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 1090 orang. Penarikan sampel dengan teknik random sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus Taro Yamane atau Slovin sehingga menghasilkan sampel sebanyak 293 responden. Sedangkan instrumen penelitian berupa angket (kuesioner) dengan menggunakan Skala Likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Kemudian data akan dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif signifikan reward terhadap motivasi Muhadatsah Yaumiyyah siswa berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung = 9,730 > t tabel = 1,968. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan punishment terhadap motivasi Muhadatsah Yaumiyyah siswa berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,416 > t tabel 1,968. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan reward dan punishment terhadap motivasi Muhadatsah Yaumiyyah siswa berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 76,421 > F table 3,026. Menurut hasil uji determinasi menunjukkan bahwa reward dan punishment dapat mempengaruhi motivasi Muhadatsah Yaumiyyah siswa sebesar 34,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Copyrights © 2019