Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2007

Pengaruh Faktor Pemicu terhadap Tingkat Partisipasi Diskusi dalam Student Centered E-Learning Environment

Harry B. Santoso (Unknown)
Zainal A. Hasibuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2009

Abstract

Keberadaan Internet dalam dunia pendidikan memungkinkan proses belajar mengajar dilakukan kapansaja dan dimana saja. Kondisi ini mampu memfasilitasi peningkatan intensitas kegiatan pendidikan. Prosesperkuliahan yang sebelumnya hanya dilakukan di dalam kelas, saat ini mengalami transisi. Prosentaseperkuliahan tatap muka dalam kelas dikombinasikan dengan pembelajaran online. Dalam pembelajaran onlineyang didukung oleh teori constructivist, peserta didik difasilitasi untuk belajar secara kolaboratif, baik denganpangajar maupun sesama peserta didik. Sebagian besar sistem pembelajaran online yang lebih dikenal LearningManagement System (LMS) telah menyediakan fasilitas forum diskusi. Hanya saja, dalam realitasnyakeberadaan fasilitas ini ternyata tidak selamanya cukup mendorong para peserta didik untuk terlibat dalamaktivitas diskusi. Tulisan ini akan membahas peranan diskusi dalam pembentukan knowledge dan bagaimanafaktor pemicu seperti penyediaan bahan ajar berbasis multimedia, pemberian penghargaan (rewards), sertaketerlibatan dosen dalam diskusi dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk aktif berdiskusi. Ruanglingkup analisis ini dilakukan lingkungan pembelajaran Student Centered E-Learning Environment di FakultasIlmu Komputer Universitas Indonesia.Kata kunci: Faktor pemicu, diskusi, SCELE, multimedia, rewards.

Copyrights © 2007