JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Biologi

PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PRAKTIKUM UJI GOLONGAN DARAH BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 TONDANO

Muli, Efel J. R. (Unknown)
Sumampouw, Herry M. (Unknown)
Lawalata, Helen J. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini setelah observasi awal dilakukan yaitu metode pembelajaran masih bersifat konvensional dan praktikum penggolongan darah kurang dilakukan sehingga pemahaman terhadap konsep biologi sulit dicerna. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran biologi melalui praktikum uji golongan darah berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, c. Observasi, dan d. Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII b dengan jumlah siswa 20 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dengan materi sistem peredaran darah, jumlah siswa yang memenuhi KKM 12 orang atau 60% secara klasikal dan pada siklus dua dengan materi yang sama sistem peredaran darah, jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM 75 yaitu 18 orang atau 90% secara klasikal dan tidak tuntas 2 siswa atau 10 % diadakan remedial. Dengan demikian pembelajaran melalui praktikum uji golongan darah berbasis discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery learning, hasil belajar, uji golongan darah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...