REKA INTEGRA
Vol 3, No 2 (2015): Edisi Kesepuluh

ANALISIS PELUANG PEMASARAN PRODUK YAMAHA R25 DI KOTA BANDUNG

Sukmana, Erwin (Unknown)
Arijanto, Sugih (Unknown)
Puspitaningsih, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

Perusahaan YAMAHA sebagai produsen motor, perlu mengetahui bagaimana performa pemasaran terhadap produknya jika diketahui banyak pesaing, Khususnya untuk motor sport kelas 250cc yaitu Yamaha YZF-R25. Salah satu caranya dengan melihat bagaimana persepsi konsumen mengenai produk motor sport Yamaha, dan preferensi responden terhadap motor sport kelas 250cc Yamaha jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Untuk itu dilakukan analisis Multidimensional Scalling. Penggunaan metode analisis multivariat ini memiliki kelebihan yaitu dapat menggambarkan seberapa dekat jarak perbedaan yang dimiliki satu produk dengan produk yang lainnya, sehingga dapat dianalisis faktor-faktor atau atribut apa saja yang harus diperbaiki, untuk dijadikan acuan perusahaan dalam memperkirakan peluang pemasaran yang ada. Hasil penelitian dengan menggunakan metode tersebut menunjukkan bahwa peluang pemasaran untuk Yamaha YZF-R25 di Kota Bandung besar. Kata Kunci: Persepsi dan Preferensi, Peluang Pemasaran, Multidimensional Scalling (MDS)   ABSTRACT YAMAHA company as a motors manufacturer, it is necessary to know how performance of marketing for its product if known many competitors, particular for motor sport 250cc Yamaha YZF-R25. One way to see how the perception of consumer product Yamaha motor sport, and preferences of respondents to 250cc Yamaha sport bike when compared with competitors. It can be use Multidimensional Scaling analysis. Multivariate analysis method has the advantages that can describe how close the difference between one product with another product, which can be analyzed factors or attributes of what needs to be repaired, to be a reference company in estimating the marketing opportunities that exist. The results using this method, shows that marketing opportunities for the Yamaha YZF-R25 in the city is huge. Keywords: Perceptions and Preferences, Marketing Opportunities, Multidimensional Scaling (MDS)

Copyrights © 2015