Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 20, No 1 (2019)

Pengaruh Pemberian Kuis diakhir Pertemuan pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN LAPPARIAJA (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia)

Nursafitri Nursafitri (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Alimin Alimin (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Suriati Eka Putri (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada akhir pertemuan pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Lappariaja. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran Numbered Heads Together dengan memberikan kuis di akhir pertemuan dan tanpa pemberian kuis pada akhir pertemuan pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Lappariaja yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 390 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok ikatan kimia berupa post-test yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung (2.73) > ttabel (1.67) pada ???? ═ 0,05. Disimpulkan bahwa pemberian kuis di akhir pertemuan pada pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Lappariaja pada materi pokok ikatan kimia. Kata kunci: Kuis, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Ikatan Kimia ABSTRACT The research was a quasi-experimental that aimed to know the effect of Quiz Presentation at the last session of Numbered Heads Together of Learning cooperative toward Students’ Achievement of Class X MAN Lappariaja. The independent variable in this research were Numbered Heads Together learning with Quiz Presentation at the last session and without quiz of Numbered Heads Together of Learning cooperative, the dependent variable was student’s achievement on Chemical Bonding subject matter. The population was class X MAN Lappariaja consisted class 10 with number of 390 students. The sample of this research consisted of two classes, namely class X7 as an experiment class with 30 students and class X9 as a control class with 30 students. The data of the research were gathered by testing the students’ achievement on chemical bonding subject matter for post-test which were analysed by using t-test. Results of inferential statistical analysis were tcalculate (2.73) higher than ttable (1.67) on α ═0.05. Conclude that presenting quiz at the end of the meeting on cooperative Learning Numbered Heads Together gives effected to toward student’s achievement of class X MAN Lappariaja on Chemical Bonding subject matter. Keywords: Quiz, Numbered Heads Together, Student achievement, Chemical bonding

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...