Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan (2) Untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan (3) Untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2010/2011, yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 233 siswa. Dari populasi yang ada peneliti mengambil keseluruhan siswa Kelas VIII F sebagai sampel penelitian yang berjumlah 34 siswa.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan (2) ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan (3) ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan. Kata Kunci: aktivitas belajar, pemanfaatan perpustakaan, dan prestasi belajar.
Copyrights © 2012