Jurnal Penyuluhan
Vol. 16 No. 1 (2020): Jurnal Penyuluhan

Kepuasan Pengguna Informasi Pertanian Dan Strategi Diseminasi Teknologi Pertanian Melalui Pemanfaatan Aplikasi Itani

Kartika Mayasari (Institut Pertanian Bogor)
Pudji Muljono (IPB University)
Anna Fatchiya (IPB University)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian telah mengembangkan dan meluncurkan aplikasi mobile yang disebut dengan iTani. Aplikasi iTani merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook dan fitur sosial. Dalam rangka memenuhi harapan pengguna serta untuk mengetahui efektivitas penyediaan informasi pertanian melalui aplikasi iTani, maka perlu dikaji sejauh manakah tingkat kepuasan pengguna aplikasi iTani dan bagaimanakah rumusan strategi diseminasi informasi pertanian melalui aplikasi iTani. Penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2019. Metode pengambilan sampel adalah stratifiedrandom sampling dan penetapan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan lima persen yaitu sebanyak 390 orang. Tingkat kepuasan pengguna diperoleh berdasarkan persepsi pengguna atas performance (kinerja) aplikasi iTani, instrumen yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI), dan diperoleh hasil 65, 42 persen, dengan kategori cukup puas. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan kinerja aplikasi iTani sehingga kepuasan pengguna pun akan meningkat. Adapun peningkatan kinerja tersebut hendaknya mempertimbangkan hasil analisis dari IPA (Importance Performance Analysis) sehingga diseminasi teknologi pertanian melalui aplikasi iTani akan lebih tepat sasaran. Dalam memetakan alternatif rumusan strategi diseminasi, pihak pengelola sebaiknya memprioritaskan atribut yang berada di kuadran I, meliputi keragaman informasi dan pengunduhan ebook. Pihak pengelola wajib mengalokasikan sumberdaya yang memadai untuk meningkatkan kinerja pada atribut tersebut agar dapat memenuhi kepuasan pengguna. Implementasinya adalah dengan menyusun jadwal rutin dalam menggunggah materi publikasi, melakukan pendampingan dan supervisi kepada admin di level UK/UPT. Terkait dengan pengunduhan, implementasinya adalah dilakukan pengecekan berkala untuk semua ebook, memberikan fitur agar pengguna dapat berkomunikasi langsung dengan pengelola atau admin e-pustaka, sehingga apabila terjadi masalah, pengguna dapat menghubungi admin di setiap e-pustaka. Kata kunci: Aplikasi, Kepuasan Pengguna, CSI, Analisis Kepentingan Kinerja, Itani

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jupe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Penyuluhan diterbitkan dalam rangka mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian tentang pengembangan kapasitas manusia di berbagai bidang, di aras mikro, messo, dan makro. Peneliti, pelaku bisnis, pemegang kebijakan, akademisi, penyuluh, dan peminat pengembangan ilmu dan aspek praktis dalam ...