JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 15, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Khusus

Asesmen perilaku fungsional pada perilaku menyakiti diri sendiri anak autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta

Dhea Ellyne Theodora (Universitas Negeri Yogyakarta)
Aini Mahabbati (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku menyakiti diri pada anak autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta menggunakan prosedur asesmen perilaku fungsional. Penelitian difokuskan pada setting perilaku di sekolah, dengan pengumpulan data berupa antecedent, behavior, consequence, dan faktor mempengaruhi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratori. Subjek penelitian meliputi 2 siswa autis yaitu NKW dan AGS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan pengisian skala motivasi perilaku. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan menyajikan data dalam bentuk naratif dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan antecedent munculnya perilaku menyakiti diri berupa efek interaksi tidak menyenangkan, kebisingan verbal, kegiatan tidak disukai, cuaca panas, melihat benda tidak sesuai tempat, dan melihat objek ditakuti. Consequence perilaku berupa mendapat sensasi menyenangkan pada indera (sensory), terhindar dari tugas atau kegiatan (escape), maupun mendapat perhatian (attention). Faktor yang dapat mempengaruhi perilaku berupa kemampuan komunikasi ekspresi yang rendah, pengkonsumsian obat-obatan, pola tidur tidak teratur, serta level autismenya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...