JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Khusus

PENGARUH MOBILE APPLICATION MARBEL HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI WONOGIRI

Faradhila Aziz Nurcholis (Unknown)
Nur Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile application MarbelHuruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLBNegeri Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal (SingleSubjek Research). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang anak tunagrahita ringan kelasII SLB Negeri Wonogiri. Desain penelitian ini adalah A-B-A’. Pengumpulan datamenggunakan tes kemampuan mengenal huruf. Analisis data yang digunakan yaitu analisisstatistik deskriptif dengan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitianmenunjukkan adanya pengaruh positif mobile application Marbel Huruf terhadapkemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Wonogiri. Halini ditunjukkan dengan data tumpang tindih (overlap) dalam analisis antar kondisi sebesar0% serta peningkatan rata-rata nilai keberhasilan pada setiap fase, yaitu pada fase baseline-1 memperoleh nilai 60, fase intervensi 70 dan fase baseline-2 80. Adanya perubahantersebut menunjukkan bahwa mobile application Marbel Huruf berpengaruh positifterhadap kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLB NegeriWonogiri.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...