Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU FUN ACCOUNTING BERBASIS LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKL 2 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Umianisah Apriliani (Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)
Diana Rahmawati (Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi  Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X AKL 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbantu Fun Accounting berbasis Lectora. Media pembelajaran ini  dikembangkan oleh Kartika Bunga pada tahun 2018.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumal 32 siswa.  Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumen, lembar tes dan catatan lapangan.Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada pre test siklus I sebesar 33,57 meningkat menjadi sebesar 72,68 pada post test atau meningkat sebesar 39,11. Peningkatan ketuntasan Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pre test siklus I sebesar 6,45% meningkat menjadi 64,52% pada post test atau meningkat sebesar 58,07%. Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada pre test sebesar 35,80 meningkat menjadi sebesar 80,09 pada post test atau meningkat sebesar 44,30. Pada siklus II, ketuntasan Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada pre test 0,00% meningkat menjadi 78,13% pada post test atau meningkat sebesar 78,13%. Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata dan peningkatan ketuntasan Hasil Belajar Kompentensi Jurnal Penyesuaian dari siklus I ke siklus II, maka hipotesis tindakan yang berbunyi “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Fun Accounting Berbasis Lectora dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X AKL 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019” dinyatakan diterima. Kata kunci: Hasil Belajar Kompetensi  Jurnal Penyesuaian, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantu Fun Accounting Berbasis Lectora

Copyrights © 2019