Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK AKUNTANSI MANUAL

Riqi Astuti (Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)
Diana Rahmawati (Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan Bahan Ajar Akuntansi pada mata pelajaran Praktik Akuntansi Manual; (2) Mengetahui kelayakan Bahan Ajar Akuntansi; (3) Mengetahui penilaian siswa terhadap Bahan Ajar Akuntansi; dan (4) Mengetahui peningkatan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Manual kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Yogyakarta setelah menggunakan Bahan Ajar Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada four-D (4D) models. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi sesuai dengan model pengembangan four-D models dengan empat tahapan pokok yaitu, define, design, develop, dan disseminate; (2) Kelayakan Bahan Ajar Akuntansi berdasarkan penilaian: ahli materi diperoleh rerata skor 3,93 (layak), ahli media 4,02 (layak), dan praktisi pembelajaran akuntansi 4,03 (layak); (3) Penilaian siswa terhadap Bahan Ajar Akuntansi diperoleh rerata skor 4,33 (sangat layak); (4) Bahan Ajar Akuntansi dapat meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Manual sebesar 59,36%. Berdasarkan analisis paired sample t-test diperoleh rata-rata nilai pretest 4,70 dan posttest 7,49 dengan peningkatan 2,49, nilai thitung=-46,116 dengan sig.(p)=0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Kata kunci: Bahan Ajar Akuntansi, Four-D Models, Modul, Praktik Akuntansi Manual

Copyrights © 2017