Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
Vol 16, No 2 (2018): IMAJI OKTOBER

PEMBELAJARAN KOREOGRAFI

Hartono Hartono (Universitas Negeri Semarang)
Wantoro Wantoro (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas koreografi. Metode yang digunakan kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian mahasiswa semester 2 yang sedang menempuh kuliah koreografi pada Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Uversitas Negeri Semarang tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan belajar kelas eksperimen diperoleh thitung = 27.763 dengan p = 0,000 0,05, berarti bahwa ada peningkatan hasil belajar mahasiswa yang signifikan. Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung = -3.486 dengan p value = 0,000 0,05 berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, menunjukkan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0,70 dan kelas kontrol sebesar 0,63. Temuan lain berupa respon mahasiswa 26 (72,2%) memberikan respon menyenangkan. Efektivitas pada pembelajaran koreografi pada bentuk interaktif, inspiratif, menantang, dan memotivasi. Kata Kunci: Pembelajaran, Koreografi, Efektivitas

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

imaji

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

IMAJI is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (dance, music, puppetry, and karawitan). IMAJI is published twice a year in April and October by the Faculty of Languages and Arts of Universitas ...