Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kesulitan mahasiswa dalam menciptakan karya tari pada mata kuliah Koreografi III mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari FBS, UNY. Untuk menemukan tingkat kesulitan yang dialami mahasiswa digunakan pendekatan Dikriptip Kuantitatip, sujek penelitian mahasiswa yang mengambil mata kuliah koreografi III pada semester ganjil tahun ajaran 2013/1014 berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Tari ,FBS, UNY khususnya untuk mahasiswa yang menempuh kuliah pada semester 9. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam penciptaan karya tari pada mata kuliah koreografi III terletak pada elemen –elemen koreografi diantaranya: penentuan cerita, tema, busana, gerak, dan musik. Adapun tingkat kesulitan dari kelima elemen tersebut cerita 2,08%, tema 2,22 %, busana 2,26 %, gerak 2,46 %, dan musik 3,10 %. Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa tingkat kesulitan yang paling tinggi terletak pada penentuan cerita.
Copyrights © 2015