Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
Vol 13, No 1 (2015): IMAJI FEBRUARI

KENDALA PENCIPTAAN KARYA TARI OLEH MAHASISWA

Ni Nyoman Seriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengidentifikasikan kesulitan mahasiswa dalam  menciptakan  karya tari  pada mata kuliah  Koreografi III  mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari  FBS, UNY.   Untuk menemukan tingkat kesulitan yang dialami mahasiswa digunakan pendekatan Dikriptip Kuantitatip, sujek penelitian  mahasiswa yang mengambil mata kuliah koreografi III pada semester ganjil  tahun ajaran 2013/1014 berjumlah  24 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan pengamatan. Teknik  analisis data menggunakan statistik diskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Tari ,FBS, UNY  khususnya untuk mahasiswa yang menempuh kuliah pada semester 9. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut mahasiswa yang  mengalami  kesulitan dalam penciptaan karya tari  pada mata kuliah koreografi III terletak pada elemen –elemen koreografi diantaranya: penentuan  cerita, tema, busana, gerak, dan musik. Adapun tingkat kesulitan  dari kelima elemen tersebut  cerita 2,08%, tema  2,22 %, busana 2,26 %, gerak 2,46 %, dan musik 3,10  %.  Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa  tingkat kesulitan yang paling tinggi terletak pada penentuan cerita.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

imaji

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

IMAJI is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (dance, music, puppetry, and karawitan). IMAJI is published twice a year in April and October by the Faculty of Languages and Arts of Universitas ...