ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum KTSP dan silabus mata pelajaran bahasa Jepang untuk siswa kelas V di SD Tunas Kasih Nusa Dua. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan 4-D models. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Jepang dan siswa kelas V SD Tunas Kasih Nusa Dua. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) buku ajar bahasa Jepang dasar sesuai dengan kebutuhan siswa khususnya untuk siswa kelas V SD Tunas Kasih Nusa Dua, (2) berdasarkan hasil uji ahli isi buku yang dikembangkan dinilai sangat sesuai dan uji ahli desain dinilai sesuai (3) serta hasil respons guru dan siswa SD Tunas Kasih Nusa Dua menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan sangat sesuai.Kata Kunci : Kata kunci: buku ajar Bahasa Jepang, penelitian dan pengembangan (R&D) è¦æ—¨ ã€€æœ¬ç ”ç©¶ã¯R&Dã§ã‚ã‚Šã€ã€€ãƒŒã‚µãƒ‡ã‚¥ã‚¢ãƒ»ãƒˆã‚¥ãƒŠã‚¹ã‚«ã‚·ãƒ¼å°å¦æ ¡ã®äº”年生をå‘ã‘ã€KTSPカリã‚ュラムã¨æ—¥æœ¬èªžã®ã‚·ãƒ©ãƒã‚¹ã‚’基ã«ã—ãŸæ•™ç§‘書を作æˆã™ã‚‹ã“ã¨ã‚’目的ã¨ã—ãŸã‚‚ã®ã§ã‚る。調査ã§ã¯ã€4-Dモデルを使用ã—ãŸã€‚調査å”力者ã¯ã€æ—¥æœ¬èªžæ•™å¸«ã¨ãƒŒã‚µãƒ‡ã‚¥ã‚¢ãƒ»ãƒˆã‚¥ãƒŠã‚¹ã‚«ã‚·ãƒ¼å°å¦æ ¡ã®äº”年生ã§ã‚る。調査方法ã¯ã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆåŠã³ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã§ã‚る。ã“ã®ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã‚’定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸçµæžœã€ã€€ï¼‘)ヌサデゥア・トゥナスカシーå°å¦æ ¡ã®äº”年生ã«ã¨ã£ã¦ã¯ã€ä½œæˆã—ãŸæ—¥æœ¬èªžæ•™ç§‘書ãŒã€å¦ç”Ÿã®ãƒ‹ãƒ¼ã‚ºã¨å¿œã˜ãŸã€‚2)専門家ã«ã‚ˆã‚‹ãƒ†ã‚¹ãƒˆçµæžœã«åŸºã¥ãã€é–‹ç™ºã•ã‚ŒãŸæœ¬ã®å†…容ã¯éžå¸¸ã«é©åˆ‡ã¨ã¿ãªã•ã€‚3)。ヌサデゥア・トゥナスカシーå°å¦æ ¡ã®ç”Ÿå¾’ãŠã‚ˆã³æ•™å¸«ã®è¿”事ã«ã‚ˆã‚Šé–‹ç™ºã—ãŸæ•™ç§‘書ã¯æœ€é©ã§ã‚る。keyword : ã‚ーワード:日本語教科書ã€èª¿æŸ»é–‹ç™ºç ”究(R&D)
Copyrights © 2019