Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Vol 9, No 2 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Marjawati, Ni Putu Rina (Unknown)
Ardana, I Made (Unknown)
Suharta, I Gusti Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadappemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalaheksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIISMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswakeseluruhan sebanyak 320 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster randomsampling. Melalui proses pengundian diperoleh sampel kelas VII A2 dan VII B2 sebagai kelompokeksperimen serta kelas VII B3 dan VII B4 sebagai kelompok kontrol. Rancangan eksperimen inimenggunakan post test only control group design. Data berupa skor pemahaman konsep matematikasiswa diambil dengan menggunakan tes pemahaman konsep bentuk uraian. Dari hasil pengujianhipotesis dengan menggunakan teknik Uji-t satu ekor diperoleh nilai t-hitung sebesar 43,846 dengant-tabel (dk = 126; α = 0,05; satu ekor) sebesar 1,98. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwapemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja yang mengikutipembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada pemahaman konsepmatematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata-kata kunci: model pembelajaran ARIAS, pemahaman konsep matematika siswa, eksperimensemu

Copyrights © 2018