cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
ISSN : 26139677     EISSN : 25992600     DOI : https://doi.org/10.23887
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 507 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA Mahartini, Desak Putu Padmi; Hartawan, I Gusti Nyoman Yudi; Gita, I Nyoman
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.24316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) berbantuan LKS Open-Ended terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan desain penelitian ini adalah post-test only control group. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Singaraja tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pemahaman konsep matematika siswa diukur pada akhir penelitian dengan menggunakan tes berbentuk soal uraian. Data berupa skor pemahaman konsep matematika dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor. Uji Lilliefors dan uji Levene menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Karena uji asumsi telah terpenuhi, maka uji-t dapat dilakukan dan berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai t_hitung = 2,093  dan  dengan taraf signifikansi 5% dan db = 64, diperoleh nilai t_tabel = 1,998, dengan demikian, berdasarkan kriteria pengujian t_hitung > t_tabel  sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model FSLC berbantuan LKS Open-Ended lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran FSLC berbantuan LKS Open-Ended berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.Kata kunci: pemahaman konsep matematika, model pembelajaran Formulate Share Listen Create, LKS Open-Ended, model pembelajaran STAD.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MACROMEDIA FLASH BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII Yono, Sutri
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.21232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika macromedia flash berbasis pendekatan kontekstual pada materi volume bangun ruang sisi datar kelas VIII yang valid dan praktis serta mengetahui karakteristik media pembelajaran macromedia flash yang dikembang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: tahap Analyze, tahap Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika macromedia flash memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor 4,24. Sedangkan hasil penilaian angket kepraktisan diperoleh bahwa media pembelajaran matematika macromedia flash memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor 4,3. Karakteristik yang dimiliki oleh media pembelajaran ini adalah tujuan pembelajaran jelas, materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai, kebenaran konsep, petunjuk penggunaan jelas, terdapat apersepsi, alur pembelajaran jelas, terdapat contoh, latihan, dan pembahasan, interaktif, navigasi mudah, bahasa yang digunakan mudah dipahami.Kata kunci: pengembangan, macromedia flash, kontekstual
PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK DARI TEMAN SEJAWAT TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA Purwadi, I Made Ari
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.24382

Abstract

Critical thinking and communication skills are two of the skills that must be possessed by Indonesian children to be able to compete in the 21st century. Therefore, the research that was conducted at SMP Laboratorium Undiksha at 2018/2019 academic year was aimed at determining the effect of peer feedback toward students' critical thinking and mathematical communication. This quasi-experiment research used a post-test only control group design in a population that consists of 98 students and spread at 4 classes. Experiments in the form of implementing peer feedback were applied to the experimental class and teacher feedback was applied to the control class and it was done at 8 meetings. Then, the sample was taken using cluster random sampling technique. The data of this research were the score of critical thinking and mathematical communication and it was collected by essay and analyzed using Manova test at a significance level of 5%. The significance value obtained through the results of the manova test was equal to 0.034. If compared with the significance level of 5%, then the significance value was smaller 0,05. It was decided to reject H0. Thus, it was able to be concluded that students 'critical thinking and mathematical communication skills in the experimental class were significantly better than students' critical thinking and mathematical communication skills in the control class
MATHEMATICAL SELF-EFFICACY OF STUDENTS IN COOPERATIVE LEARNING WITH TWO STAY TWO STRAY TECHNIQUES Habibullah, Habibullah
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.23609

Abstract

This research is a classroom action research that aimed to improve the process of learning mathematics in terms of students' self-efficacy through the application of cooperative learning two stay two stray techniques. The subjects of this study were 32 students from one of the junior high schools in the city of Yogyakarta. Data collection techniques were carried out using a self-efficacy questionnaire sheet consisting of 24 favorable and unfavorable statements. The results showed that the application of cooperative learning two stay two stray techniques can improve the learning process and improve students' mathematical self-efficacy. This can be seen from the increase in the average value of student mathematics learning outcomes based on the category of self-efficacy
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLASSWIDE PEER TUTORING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA Fitrianiayuningsih, Niputu Bela; Suarsana, I Made; Pujawan, I Gusti Ngurah
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.24109

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Baturiti tahun ajaran 2019 / 2020. Subjek penelitian ini sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari siklus I, II, dan III secara berturut – turut berdasarkan nilai yang diperoleh pada setiap siklus. Kemampuan berpikir keratif matematika siswa yang meningkat karena upaya perbaikan dilaksanakan pada setiap siklus sesuai dengan hasil refleksi setiap siklusnya. Model pembelajaran Classwide Peer Tutoring mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Hal tersebut terjadi karena pemberian soal terbuka yang dilakukan secara efektif yang mendukung pelaksanaan pembelajaran,memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Dalam proses penelitian, siswa merespon positif model pembelajaran yang diterapkan.Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Classwide Peer Tutoring, Open Ended, tanggapan siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Punia, I Wayan
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.24312

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kubu pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebanyak 28 orang. Objek penelitian berupa peningkatan hasil belajar yang meliputi hasil belajar kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Untuk mengukur hasil belajar matematika siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda untuk hasil belajar pengetahuan dan tes uraian untuk mengukur hasil belajar kompetensi keterampilan yang diberikan pada akhir tiap siklus. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Rata-rata hasil belajar pengetahuan pada siklus I sebesar 72,62 dengan ketuntasan klasikal 78,57% menunjukkan peningkatan dari refleksi awal sebesar 8,52 (13,29%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 15,24%. Rata-rata hasil belajar keterampilan pada siklus I sebesar 72,43 dengan ketuntasan klasikal 71,43% menunjukkan peningkatan dari refleksi awal sebesar 8,56 (13,40%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 4,76%. Rata-rata hasil belajar pengetahuan pada siklus II sebesar 83,10 dengan ketuntasan klasikal 92,86% menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 10,48 (14,43%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 14.29%. Rata-rata hasil belajar keterampilan pada siklus II sebesar 82,86 dengan ketuntasan klasikal 92,86% menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 10,43 (14,40%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 21,43%. Kata kunci : Kooperatif Think Pair Share, hasil belajar  AbstractThis study aimed to improve the learning outcomes of VII E students of SMP Negeri 2 Kubu in semester genap of 2018/2019 academic year in learning mathematics by applying the Cooperative learning model Think Pair Share. This research was classroom action research consist of two cycles. Each cycle consists of planning, implementing actions, evaluating observations, and reflecting. The subjects of this research were 28 students of VII E class. The object of this research was an increasing learning outcomes which include learning outcomes of knowledge and skills competencies. To measure student learning outcomes in mathematics use the test of learning outcomes in the form of multiple choice for learning outcomes of knowledge and essay tests to measure the results of learning competency skills given at the end of each cycle. Data collected were analyzed using descriptive analysis. The results of data analysis showed that the application of Think Pair Share type of cooperative learning in mathematics learning can improve the learning outcomes of Grade VII E students of SMP Negeri 2 Kubu in semester genap of 2018/2019 academic year. Average knowledge learning outcomes in the first cycle was 72.62 with 78.57% classical completeness showed an increase from the initial reflection of 8.52 (13.29%) and classical completeness increased by 15.24%. The average skill learning outcomes in the first cycle was 72.43 with a classical completeness was 71.43% showed an increase from the initial reflection by 8.56 (13.40%) and classical completeness increased by 4.76%. The average learning outcomes of knowledge in the second cycle was 83.10 with a classical completeness was 92.86% showed an increase from the first cycle of  10.48 (14.43%) and classical completeness increased by 14.29%. The average learning outcomes of skills in the second cycle was 82.86 with 92.86% classical completeness showed an increase from the first cycle was 10.43 (14.40%) and classical completeness increased by 21.43%. Key words : Cooperative Think Pair Share, learning outcomes
PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTROMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU Ulandari, Tipa; sukasno, sukasno; Purwasi, Lucy Asri
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.21223

Abstract

ABSTRACT This thesis is entitled "The Effect of Problem Solving Learning Model Using Brainstroming Methods Against the Mathematical Problem Solving Ability of Class VII Students of SMP Negeri 2 Lubuklinggau". This study aims to determine whether there is an effect of the Problem Solving Learning Model by using the Brainstroming Method to the Mathematical Problem Solving Ability of Class VII Students of SMP Negeri 2 Lubuklinggau. This type of research is in the form of Experimental Design Tru. The population, all students of class VII of SMP Negeri 2 Lubuklinggau were 406 students and the sample was class VII.5 with 35 students as experimental class and VII.4 with 35 students as control class. Sampling is done randomly. Data collection in research using test techniques. The collected data were analyzed using t-test at a significant level α = 0.05. Based on the results of data analysis, it can be concluded that There is an Effect of Problem Solving Learning Model by Using Brainstroming Method to the Mathematical Problem Solving Ability of Class VII Students of SMP Negeri 2 Lubuklinggau. The average value of the problem solving ability of the experimental class was 62.5 and the control class was 43.3.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Sukarini, Ni Ketut
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.24313

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A sebanyak 46 orang. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes dalam bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika  siswa. Dilihat dari rata-rata hasil belajar pada refleksi awal terjadi peningkatan pada siklus I dari 63,48 sebesar 14,93 (23,52%) menjadi 78,41 dengan peningkatan ketuntasan klasikal dari 65,22% meningkat sebesar 8,69% menjadi 73,91%. Dilihat dari perbandingan hasil post-test hasil belajar pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 6,37 (8,12%) dengan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 17,39%. Kata Kunci : Kooperatif Think Talk Write, hasil belajar AbstractThis study aimed to know the improvement of student learning outcomes in IX A clsss of SMP Negeri 2 Kubu in semester genap at 2018/20189academic year by applying the cooperative learning model Think Talk Write. This research is a classroom action research consists of two cycles. Each cycle consists of planning, conducting, evaluating observations, and reflection. The subjects of this study were 46 students of IX A class. Data about student learning outcomes collected through tests in the form of a description. Data analyzed by descriptive analysis. The Cooperative Learning Model Think Talk Write, can improve students` mathematics learning outcomes. The average learning outcomes in the initial reflection an increase in the first cycle from 63,48 amounted to 14,93 (23,52%) to 78,41 with an increase in classical completeness from 65,22% increased by 8,69% to 73,91%. The results of the post-test learning outcomess in the first cycle and second cycle an increase of 6,37 (8,12%) with an increase in classical completeness of 17,39%. Key words : Cooperative Think Talk Write, learning outcomes
PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 LUBUKLINGGAU Febriyanti, Aprilliana; sukasno, sukasno; Mandasari, Novianti
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i1.21224

Abstract

ABSTRACTThis study is entitled "The Implementation of Problem Solving Model to Improve Mathematical Problem Solving Ability of Class VII Students of SMP Negeri 9 Lubuklinggau". This study aims to determine the increase in students' problem solving abilities in learning mathematics after being applied using a problem solving model. The type of research used is Pre Experimental Design. The population of all VII grade students of SMP Negeri 9 Lubuklinggau totaling 248 students and as a sample of class VII.5 with 32 students, the sample was taken randomly. Data collection was carried out using test techniques. The collected data were analyzed using t-test at a significant level = 0.05. Based on the results of the final test data analysis it can be concluded that. There is an increase in the ability to solve math problems of VII graders of SMP Negeri 9 Lubuklinggau after applying the problem solving model. The average value of students' mathematical problem solving abilities is 28.24.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 SAWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN METODE INDEX CARD MATCH (ICM) ., I Gede Suparjana Yasa; ., Dr. I Putu Wisna Ariawan, M.Si.; ., Drs.Djoko Waluyo,M.Sc
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 8, No 2 (2017):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v8i2.13092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep Matematika siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sawan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan metode Index Card Match (ICM). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sawan yang terdiri dari 23 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar pada siklus I sebesar 114,78 meningkat menjadi sebesar 124,39 pada siklus II, dan meningkat menjadi sebesar 128,61 pada siklus III. Peningkatan ini dapat terjadi karena : (1) siswa didorong untuk berpartisipasi dalam pembelajaran; (2) siswa dapat menemukan konsep Matematika secara mandiri; (3) siswa tidak mudah bosan dengan kegiatan pembelajaran; serta (4) kegiatan pembelajaran meningkatkan interaksi antar siswa. Sementara, rata-rata skor pemahaman konsep pada siklus I sebesar 65,36 meningkat menjadi sebesar 72,24 pada siklus II, dan meningkat menjadi sebesar 77,39 pada siklus III. Peningkatan ini dapat terjadi karena : (1) pada tahap think siswa secara mandiri memahami konsep atau masalah dalam Matematika; (2) pada tahap talk siswa menyampaikan ide atau gagasan melalui diskusi yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir; (3) keterlibatan siswa dalam kegiatan inti mampu membuat proses penyimpanan memori pengetahuan yang diperoleh berlangsung lebih lama; serta (4) pada tahap write siswa menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi sehingga pengetahuan yang diperoleh tidak mudah dilupakan.Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, metode Index Card Match, motivasi belajar, pemahaman konsep This research aim to know how the improvement of learning motivation and understanding of Mathematical concepts through implementation of cooperative learning model Think Talk Write (TTW) with Index Card Match (ICM) method in XI IPA 2 Class at SMA Negeri 1 Sawan. This research is Classroom Action Research (CAR) in three cycles. The subject of this research is students of XI IPA 2 Class at SMA Negeri 1 Sawan that consist of 23 students. The data was gathered by using questionnaire and test. The result show that average score of learning motivation in the first cycle as 114,78 increase become as 124,39 in the second cycle, and increase become as 128,61 in the third cycle. That improvement can be achieved because of : (1) the students forced to participate in learning activity; (2) the students could find Mathematical concepts independently; (3) the students did not easily bored in learning activity; and also (4) learning activity improved the interaction between the students. Meanwhile, average score of understanding of Mathematical concepts in the first cycle as 65,36 increase become as 72,24 in the second cycle, and increase become as 77,79 in the third cycle. That improvement can be achieved because of : (1) the students understood independently the concepts or problems in Mathematics on phase of Think; (2) the students gave ideas through discussion on phase of Talk that could improve their thinking ability; (3) the involvement of students in main activity could make the memory storing process of the knowledge lasts longer; and also (4) the students wrote conclusion of discussion results on phase of Write so that the knowledge not easily to forget.keyword : Cooperative Learning Model Think Talk Write, Index Card Match method, learning motivation, understanding of Mathematical concepts

Page 1 of 51 | Total Record : 507