Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Vol 10, No 2 (2019)

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII.1 SMP N 2 SINGARAJA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Arya Melyana Setiawati, Luh Putu (Unknown)
Sugiarta, I Made (Unknown)
Suharta, I Gusti Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dantanggapan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswakelas VII.1 SMPN 2 Singaraja sebanyak 32 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Datapemahaman konsep matematika siswa diukur menggunakan tes pemahaman konsep berbentuk uraian.Data tanggapan siswa diukur menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep dari siklus ke siklus berturutturut,yaitu 63,44 ; 74,69 ; dan 81,88 dengan rata-rata nilai mengalami peningkatan dari siklus ke siklussecara berturut-turut, yaitu 7,19 dan 11,25. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa terjadikarena guru memberikan pengawasan lebih intensif terhadap siswa dalam pengerjaan LKS denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS . Kegiatan pembelajaran yang dilakukanmemberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep yang akan dipelajari. Selainitu, siswa merespon positif model kooperatif tipe TSTS.Kata Kunci : pemahaman konsep matematika, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS(two stay twostray) , tanggapan siswa

Copyrights © 2019