Sosiohumaniora
Vol 7, No 1 (2005): SOSIOHUMANIORA, MARET 2005

KEBIASAAN MENGKONSUMSI DALAM KAITANNYA DENGAN SIKAP TERHADAP IKLAN TELEVISI PRODUK CHIPS SNACK PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI PRINGSEWU KABUPATEN TANGGAMUS PROPINSI LAMPUNG

Ida Nurhaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2005

Abstract

Banyak perilaku khas dalam selang usia anak sekolah dasar. Diantaranya yang sering menarik perhatian para ahli psikologi, kesehatan, gizi maupun komunikasi periklanan adalah dalam hal perilakunya untuk memenuhi keinginannya. Pemahaman perilaku ini mendesak untuk diketahui sehubungan dengan adanya kecederungan sifat konsumtif anak-anak di areal pedesaan seperti di Kecamatan Pringsewu ini terhadap produk-produk industri utamanya chips snack. Bagi khalayak pedesaan ataupun sub urban sifat konsumtif ini menjadi masalah umum mengingat rata-rata tingkat pendapatan perkapitannya yang relatif rendah. Untuk itu maka perlu dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui korelasi antara besarnya uang jajan (Y1) dan jumlah konsumsi produk chips snack (Y2) terhadap: (1) kesukaan terhadap iklan televisi (X1), (2) preferensi terhadap iklan produk ini (X2), (3) keinginan membeli produk ini (X3), dan (4) sikap terhadap iklan produk ini secara agregat (X1 X2 X3). Penelitian ini dilakukan di Ibu Kota Kecamatan Pringsewu Kabupaten Tanggamus pada bulan Januari-Pebruiari 2002. Penarikan contoh dilakukan secara stratifikasi. Dipilih secara sengaja 3 SD yang di pusat kota Kecamatan Pringsewu. Dari setiap SD tersebut masing-masing dipilih kelas 4, 5, dan 6. Dari tiap kelas itu dipilih secara acak 5 anak yang di rumahnya mempunyai TV untuk diwawancari dengan 20 pernyataan dengan 3 katagori pilihan: setuju, tidak setuju, dan tidak tahu. Jawaban setuju diberi skor 1, tidak setuju –1, dan tidak tahu 0. Analisis korelasi yang digunakan adalah korelasi kanonik (canonical correlation analyses) dengan Progam SAS Versi 6.2. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa: (1) kesukaan terhadap siaran iklan (X1) tidak berhubungan secara nyata dengan besarnya uang jajan (Y1) dan kebiasaan mengkonsumsi produk chips snack (Y2), dengan R-adj. = 0.240963 dan Pr>F =0.843600, (2) preferensi terhadap iklan produk chips snack (X2) berhubungan secara nyata dengan besarnya uang jajan maupun (Y1) dan kebiasaan mengkonsumsi produk chips snack (Y2), dengan R-adj. = 0.723501 dan Pr>F =0.0065 atau F = 0.061400 atau 6%, dan (4) sikap terhadap iklan televisi produk chips snack (X1,X2,X3) secara agregat berhubungan sangat nyata dengan besarnya uang jajan maupun (Y1) dan kebiasaan mengkonsumsi produk chips snack (Y2), dengan R-adj. =0.955529 dan Pr>F = 0.0000 (

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

sosiohumaniora

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Sosiohumaniora adalah jurnal berskala nasional yang mencakup kajian ilmu sosial dan humaniora. Jurnal ini menaruh perhatian pada persoalan gender, pemberdayaan masyarakat, lembaga dan administrasi publik, sistem pemerintahan lokal dan kesehatan masyarakat. Jurnal Sosiohumaniora akan ...