Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 1 (2018): SERI C

GAYA BAHASA RETORIS DAN KIASAN DALAM KUMPULAN CERPEN KABUT NEGERI SI DALI KARYA A.A NAVIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Mustika, Wahyu (Unknown)
Tamsin, Andria Catri (Unknown)
Noveria, Ena (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhususan gaya bahasa dalam cerpen Kabut Negeri si Dali karya A.A. Navis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan retoris dan  kiasan  dalam  kumpulan  cerpen  Kabut  Negeri  si  Dali  karya A.A.  Navis.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, atau kalimat   yang dapat dirumuskan sebagai gaya bahasa retoris dan kiasan. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan cerpen Kabut Negeri si Dali karya A.A Navis. Teknik pengumpulan data dengan cara : (1) membaca dan memahami gaya bahasa retoris dan kiasan dalam kumpulan cerpen Kabut Negeri si Dali karya A.A. Navis, (2) mengidentifikasi dan mengklasifikasi data yang berhubungan dengan gaya bahasa retoris dan kiasan. Hasil penelitian dalam kumpulan cerpen Kabut Negeri si Dali karya A.A. Navis adalah sebagai berikut ini: (1) Gaya bahasa  retoris  dalam  kumpulan  cerpen  Kabut  Negeri  si  Dali  yaitu,  pleonasme, eufimisme,  erotesis/pertanyaan  retoris,  hiperbola,  klimaks,  antitesis,  dan  paradoks. Gaya bahasa retoris yang dominan dalam kumpulan cerpen tersebut adalah hiperbola. (2) Pendayagunaan gaya bahasa kiasan dalam kumpulan cerpen Kabut Negeri si Dali di antaranya alusio, simile, metafora, personifikasi, sinekdoke, metonimia, sarkasme, ironi, sinisme,  dan  alegori.  Gaya  bahasa  kiasan  yang  dominan  dalam  kumpulan  cerpen tersebut adalah metafora. Retoris dan kiasan dalam cerpen dapat diimplikasikan dalam dunia pendidikan. Dengan mempelajari retoris dan kiasan, pendidik dan peserta didik diharapkan mampu menghargai dan mengindahkan kehadiran bahasa dalam cerpen Indonesia. Semua hal tersebut dapat diterapkan dalam pendidikan formal, baik ditingkat sekolah menengah pertama atau menengah atas. Kata kunci: retoris, kiasan, cerpen, implementasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pbs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN 2302-3503) is a peer-reviewed scientific open access journal. It has been published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ...