Abstract Kenyamanan berkendaraan merupakan suatu kondisi yang diinginkan oleh setiap pengendara. Hal ini disebabkan adanya sistem suspensi yang mana terdiri dari spring dan bumper pada sistem tersebut. Agar kenyamanan tercapai, maka keseluruhan sistem dibuat stabil, yakni parameter-parameter sistem semestinya berkenaan atau bersesuaian. Untuk mendapatkan parameter-parameter yang sesuai, akan dilakukan dengan sistem kendali. Pada kesempatan ini metoda yang digunakan adalah metoda pole placement dan metoda linier quadratid optimal control. Metoda pole placement bertujuan untuk merubah pole sistem dari keadaan yang tidak begitu stabil menjadi lebih stabil, menggunakan rangkaian feedback dengan gain kontrol k, sedangkan metoda linier quadratid optimal control akan mencari harga k yang optimal dengan menggunakan persamaan matrik ricatti. Keseluruhan sistem ini akan merepresentasikan pada sistem suspensi kendaraan yang dilakukan secara simulasi menggunakan program matlab. Pemodelan sistem dilakukan dengan penurunan perhitungan fisika, dengan parameter model ditentukan. Untuk masukan sistem berupa sinyal step, yang akan merepresentasikan kondisi jalan, sedangkan keluaran sistem berupa defleksi suspensi dan defleksi ban mobil. Kata kunci- Sistem kendali, sistem suspensi, Pole placement, linier quadratic optimal control, matrik ricatti, defleksi suspensi, defleksi ban, sinyal step.
Copyrights © 2012