Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 9 (2016): September 2016

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP

Sumiati, Meri (Unknown)
., Abdussamad (Unknown)
., Syambasril (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah: motivasi belajar siswa, kemampuan menyimak berita terkini, dan hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan menyimak berita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian studi hubungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Berdasarkan data penelitian menunjukkan: skor rata-rata motivasi belajar 69,31% dengan kategori cukup, rata-rata nilai kemampuan menyimak berita 74,27% dengan kategori cukup baik, dan penghitungan korelasi sebesar 0,634 dengan tingkat korelasi kuat. Pengujian hipotesis dengan ketetapan signifikan 5% dan N=32 didapatkan t hitung 4,485 lebih besar dari t tabel 2,042 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan menyimak berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Teluk Keramat tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: hubungan, motivasi belajar, menyimak berita Abstract: This research aims to know how: the students learning motivation, ability in observing news, and relationship between learning motivation and observing news ability. The method used in this research is descriptive method and the form of this research is correlation study. Technique of collecting data used was indirect communication technique and measurement technique. Instrument used was questionnaire and test. Based on the data shows: the students learning motivation average score is 69.31% the category is enough, the average score of the observing news is 74.27%  the category is quite well, and the correlation calculation is 0.634 with a strong correlation level. The hypothesis tests with the provisions of significance 5% and N = 32 obtained t 4.485 is greater than t table 2,042 so that Ha is accepted and Ho rejected meaning there is a significant correlation between learning motivation and observing news ability at the eighth grade students at  SMP Negeri 2 Teluk Keramat in academic year 2015/2016. K Key words: correlation, learning motivation, observing news

Copyrights © 2016