Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 10 (2015): Oktober 2015

STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR

Gisnawaty, . (Unknown)
., Marzuki (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana rencana pembelajaran yang mengimplementasikan strategi pendekatan pembelajaran tematik, kesulitan peserta didik dan factor pendukung dan penghambat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi proses belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Kakap Kubu Raya yang masih menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas. Metode penelitian adalah kualititatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah melalui  wawancara mendalam, observasi, bahan dokumenter, dan bahan visual. Adapun sumber data yang digunakan adalah teman sejawat serta peserta didik yang duduk di kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Kakap Kubu Raya yang berjumlah sebanyak 30 orang anak. Untuk mengecek keabsahan temuan, maka penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan terperinci, yaitu dengan mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan. Dari hasil penelitian, maka direkomendasikan agar guru menjadikan pendekatan saintifik sebagai salah satu alternatif pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik   Abstract: The purpose of this research is describe how the lesson plan that implement the strategy of scientific approach thematic learning, the step of implementation, the difficulties of students in implementation the strategy of scientific approach thematic learning. The positive and negative support from the learning. The research background is the condition of teaching learning process at Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Kakap Kubu Raya in which the integrated model still implement the teacher oriented model of teaching. The research method is case study, a form of qualitative method. The data collecting procedures are deep interview, observation, documents, and visuals. The data source are teachers and 30 third grade students of Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Kakap Kubu Raya. To check the validity, this research is using source and technique triangulation. The result shows that in making the lesson plan, the teacher has described the steps. From the result, it is recommended that teachers use scientific approach as one of the alternative approach in teaching learning process. Keywords: Integrated Model, Scientific Approach

Copyrights © 2015