Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2016): JANUARI 2016

PROSES PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN METAKOGNISI SISWA SMP

Rustanuarsi, Ressy (Unknown)
Mirza, Ade (Unknown)
., Hamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pemecahan masalah dalam materi aritmatika sosial yang dilakukan siswa dengan tingkat metakognisi tinggi, sedang, dan rendah dikaji berdasarkan Teori Polya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa kelas VII SMPN 8 Pontianak tahun pelajaran 2014/2015. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pemecahan masalah yang dilakukan siswa bervariasi dan cenderung tidak konsisten dalam menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah pada tiap soal. Selain itu, siswa pada masing-masing kelompok tingkat metakognisi belum sepenuhnya menerapkan langkah-langkah Polya. Namun, proses pemecahan masalah siswa pada tingkat metakognisi tinggi terlihat lebih baik dibanding siswa pada tingkat metakognisi sedang dan rendah. Demikian juga, proses pemecahan masalah siswa pada tingkat metakognisi sedang terlihat lebih baik dibanding siswa pada tingkat metakognisi rendah. Kata Kunci: Proses Pemecahan Masalah, Metakognisi Abstract: This research aims to find out the problem-solving process in social arithmetic topic of students with high, medium, and low metacognition level based on Polya's theory. This research method was qualitative descriptive with case study research form. The subject of this research was 34 seventh grade students of SMPN 8 Pontianak in 2014/2015 academic year. The data analysis results showed that students? problem-solving process has many variations and tended to be inconsistent in using problem-solving steps in each problems. Besides, students of each metacognition level groups did not totally apply the steps of Polya?s. Despite that, the problem-solving process of students with high metacognition level was better than those with medium and low metacognition level. Likewise, the problem-solving process of students with medium metacognition level was better than those with low metacognition level. Keywords: Problem-Solving Process, Metacognition

Copyrights © 2016