Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 06 (2016): Juni 2016

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DI SEKOLAH DASAR

Prihantina, Nina (Unknown)
., K.Y. Margiati (Unknown)
Djuzairoh, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan bersifat kualitatif. Tempat penelitian berlangsung di Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Utara, subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang dan guru (peneliti) yang mengajar mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan teknik pengukuran dengan alat pengumpulan data yaitu lembar observasi untuk guru dan soal tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 3,63 dan pada siklus II sebesar 5,80. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan pemecahan masalah dengan model daerah arsiran pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 35 Pontianak Utara.  Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Pendekatan Pemecahan    Masalah  Abstract : This study is a Class Action Research (Classroom Action Research), the method used is descriptive and qualitative nature. Where the research took place at the State Elementary School 35 North Pontianak, the research subjects were the fourth grade students who were 30 and teachers (researcher) who teaches math. Data collection techniques used are direct observation and measurement techniques by means of data collection are observation sheets for teachers and learning about the test results. The results of data analysis showed an increase in the first cycle of 3.63 and the second cycle of 5.80. This shows an increase in student learning outcomes with a problem-solving approach to the model shaded areas in mathematics in fourth grade SDN 35 North Pontianak.   Keywords: Improved, Results Learning, Problem Solving Approach.

Copyrights © 2016