Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 2 (2017): Februari 2017

MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG KONSEP-KONSEP CAHAYA

APRIANA, DINA (Unknown)
Sutrisno, Leo (Unknown)
., Hamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menggali miskonsepsi siswa SD Negeri 24 Pontianak Tenggara tentang konsep-konsep cahaya. Partisipan dipilih dengan metode intact group. Sebanyak 56 siswa kelas V diberi tes diagnostik berbentuk CRI termodifikasi. Reliablitasnya ditetapkan dengan menggunakan formula KR-20 (r = 0,289). Ditemukan persentase rata-rata jumlah siswa yang miskonsepsi pada konsep-konsep cahaya sebesar 75,41%. Disarankan penelitian lanjutan untuk menggali miskonsepsi siswa dengan metode yang tepat.   Kata kunci: Konsep-konsep cahaya, miskonsepsi siswa Abstract: This study was to explore SDN 24 Southeast Pontianak students’ misconceptions in the concepts of light. Participants  were chosen by  the method of intact group. A total of 56 5th-grade students were given diagnostic test using modified  form  of CRI. Reliability’s was determined using a formula KR-20 (r = 0.289). It is found the average percentage of the quantity of students’ misconceptions in the concepts of light amounted to 75.41%. Suggestions for further study explore students’ misconceptions with  method that exactly.   Key Words: The concepts of light, student misconception

Copyrights © 2017