Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 9 (2015): SEPTEMBER 2015

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROSEDURAL UNTUK KECAKAPAN SIASAT KOGNITIF DALAM PELAKSANAAN KINERJA PRAKTIK DI LABORATORIUM

Yuniar, Lily (Unknown)
., Marzuki (Unknown)
Sutrisno, Leo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2015

Abstract

Abstrak: Kompetensi merupakan perpaduan dari pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Dalam pekerjaannya, seorang perawat akan senantiasa dihadapkan pada pasien dengan berbagai macam kasus. Kecakapan siasat kognitif menjadi sangat penting untuk  menentukan keselamatan kelangsungan bagi hidup pasien dan menjadi dasar sistem penyelesaian masalah serta komponen esensial bagi kinerja seorang perawat di dalam memberikan asuhan keperawatan. Fokus penelitian ini mendeskripsikan tentang desain dan pengembangan produk pembelajaran model prosedural untuk meningkatkan kecakapan siasat kognitif mahasiswa-mahasiswi dalam melaksanakan praktik dan unjuk kerja di laboratorium keperawatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif naturalistik Dimana model  pengembangan dimodifikasi dan diupayakan dapat  menghasilkan produk sumber belajar untuk pemecahan masalah belajar mahasiswa-mahasiswi keperawatan di jurusan keperawatan Singkawang. Hasil penelitian yang ditemukan kecakapan siasat kognitif mahasiswa-mahasiswi  masih  rendah. Untuk itu diperlukan adanya pengembangan model pembelajaran yang dapat mencerminkan siasat kognitif yang teraplikasi dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Model Pembelajaran Prosedural, Kecakapan Siasat Kognitif Abstract: Competence is a combination of knowledge, skills, values ​​and attitudes are reflected in the habit of thinking and acting. In his work, a nurse will always be faced with patients with a wide variety of cases. Finesse cognitive skills become very important to determine the safety of survival for a patient's life and be basic problem-solving systems and components essential to the performance of the nurses in providing nursing care. The focus of this study describes the design and product development model learning procedural stratagem to improve cognitive skills the students in carrying out the practice and performance in the nursing lab. The research is a qualitative naturalistic Where modified and pursued development models can produce learning resources for problem solving learning university students majoring in nursing in nursing Singkawang. Results of the study found cognitive strategy skills the students are still low. It is necessary for the development of the learning model that can reflect cognitive strategy applied in the learning process. Keywords: Learning Model procedural, Cognitive Strategy

Copyrights © 2015