Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 12 (2016): Desember 2016

EFEKTIVITAS MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DI SMA

,, Khoirunnisa (Unknown)
Ningsih, Kurnia (Unknown)
Yeni, Laili Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2016

Abstract

penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di kelas X SMA Mujahidin Pontianak. Bentuk penelitian adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 2 sebagai eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model make a match sebesar 15,40 sedangkan pada kelas kontrol dengan model konvensional adalah 13,90. Berdasarkan hasil analisis U Mann-Whitney menunjukkan bahwa Zhitung < -Ztabel (-2,45 < -1,96) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model make a match dengan model konvensional. Nilai effect size yang diperoleh 0,61 termasuk dalam kategori sedang dan memberikan kontribusi sebesar 22,91%. Kata Kunci: Model Make A Match, hasil belajar Archaebacteria dan Eubacteria Abstract: This study aims to know the effectiveness of the use of cooperative learning model type make a match on student?s learning outcomes in the material of Archaebacteria and Eubacteria in class X SMA Mujahidin Pontianak. This is a quasi experimental design with a nonequivalent control group design. Samples of research were X MIPA 2 as the experimental and class X MIPA 1 as the control. The samples were taken through the sampling saturated. The instrument used was a multiple choice test with a total 20 item. The average of student?s learning outcome taught using a make a match model was 15,40 while in the control class with a conventional model was 13,90. The analysis of U Mann-Whitney indicated that Zcount < -Ztable (-2,45 < -1,96) so it can be concluded that there were differences in the learning outcomes of student using the make a match model with conventional model. The effect size score 0,61 into the moderate category and contribusing of 22,91%. Keywords: Model Make A Match, study result Archaebacteria and Eubacteria

Copyrights © 2016