Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 4 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Putri, Ayu Aryanti (Universitas Sebelas Maret)
Utomo, Suryadi Budi (Universitas Sebelas Maret)
Ashadi, Ashadi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa dan (2) prestasi belajar siswa siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas X SMA N Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan penerapan model pembalajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA N Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa pada materi hidrokarbon. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan persentase pra siklus sebesar 31,05% menjadi 73,68% pada siklus I dan 86,84% pada siklus II. (2) Prestasi belajar siswa aspek kognitif meningkat dari 60,53% pada siklus I menjadi 81,58% pada siklus II. Persentase aspek afektif pada siklus I adalah 81,58% meningkat menjadi 89,48% pada siklus II

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...