Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran Joyful Learning berbantuan media infografis dan poster terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia; (2) pengaruh kemampuan logika terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia; dan (3) interaksi antara pembelajaran Joyful Learning dengan kemampuan logika terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Joyful Learning dengan media infografis dan poster terhadap prestasi belajar kognitif, di mana siswa di kelas eksperimen I (Joyful Learning dengan infografis) (79,06) memperoleh prestasi belajar kognitif yang lebih baik daripada siswa di kelas eksperimen II (Joyful Learning dengan poster) (72,05), tetapi tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar ranah afektif dan psikomotor; (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan logika tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; dan (3) tidak terdapat interaksi model pembelajaran Joyful Learning berbantuan media infografis dan poster dengan kemampuan logika terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor.
Copyrights © 2016