Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar peserta didik di kelas VIII A SMPN 13 Manokwari Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi Sistem Pencernaan Manusia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu, 1)Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3)Pengamatan, 4)Refleksi , yang melibatkan peserta didik sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, wawancara, peliputan dokumenter dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada Siklus I rata-rata 61,3 dengan ketuntasan 62,5 % dan  mengalami peningkatan menjadi 69,3 dengan ketuntasan 83,33% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa persentase hasil belajar peserta didik secara klasikal telah memenuhi standar, 75% dari KKM 60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learnig (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMPN 13 Manokwari.Kata kunci: Sistem Pencernaan Manusia, Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL)
Copyrights © 2018