Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 6, No 1 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII A SMPN 13 MANOKWARI

Iwan, Iwan (Unknown)
Korwa, Ester L.R. (Unknown)
L. Wambrauw, Hengky (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar peserta didik di kelas VIII A SMPN 13 Manokwari Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi Sistem Pencernaan Manusia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu, 1)Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3)Pengamatan, 4)Refleksi , yang melibatkan peserta didik sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, wawancara, peliputan dokumenter dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada Siklus I  rata-rata 61,3 dengan ketuntasan 62,5 % dan   mengalami peningkatan menjadi  69,3 dengan ketuntasan 83,33% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa persentase hasil belajar peserta didik secara klasikal telah memenuhi standar, 75% dari KKM 60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learnig (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMPN 13 Manokwari.Kata kunci: Sistem Pencernaan Manusia, Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...