Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 3, No 2 (2015): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM

Iwan, Iwan (Unknown)
Lestari, Ni Putu Puspa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 15 Manokwari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 15 Manokwari sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 15 Manokwari. Terbukti pada presentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa yang memperoleh predikat baik dan sangat baik dilihat dari data hasil siklus I sebesar 75% dan pada siklus II menjadi 100% atau meningkat sebesar 25%. Sedangkan untuk hasil belajar biologi siswa pada siklus I ketuntasan belajar siswa 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%, sesuai hasil belajar siswa sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individu yaitu 60% dan ketuntasan klasikal yaitu 75%.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Make a Matc.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...