Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 6, No 1 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

Sofyan, Nurul Arifah (Unknown)
L, Hamka (Unknown)
Saleh, Andi Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian pra-eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi bioteknologi. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi bioteknologi. Nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik diperoleh rata-rata pretest 29.46 dan rata-rata posttest 69.25. Keefektifan penerapan model pembelajaran berbasis proyek diukur melalui analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 18 dan diperoleh hasil sig. (2-tailed) 0,000 < α = 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Adapun untuk mengukur tingkat keefektifannya, digunakan uji N-gain, yang menyatakan bahwa tingkat keefektifan dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek adalah sebanyak 37 orang (92.5%) dari peserta didik memiliki N-gain pada kategori sedang dan/atau tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Bioteknologi. Kata kunci: Bioteknologi, Kemampuan pemecahan masalah, Model pembelajaran berbasis proyek

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...