Penelitian ini memaparkan hasil penerapan modul pembalajaran fisika model REACT berbasis kontektual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada konsep usaha dan energi. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknikcluster random sampling dari peserta didik kelas X SMAN 1 Gorontalo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan angket untuk memperoleh respon minat peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah N-gain ternormalisasi dan persentase. Hasil penelitian dengan uji gain mengungkapkan bahwa penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontekstual efektif meningkatkan hasil belajar kongnitif peserta, dilihat dari hasil n-gain sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal 100%. Rerata persentase hasil penilaian pengamatan aktivitas peserta didik untuk tiga pertemuan adalah 96,2% pada kategori sangat baik serta hasil angket menunjukkan respon positif peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontektual dalam pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model REACT berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Copyrights © 2019