LATERNE
Vol 8, No 1 (2019)

HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BOARD GAME DI KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 12 SURABAYA

HIDAYATI, NURUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2019

Abstract

ABSTRAK HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BOARD GAME DI KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 12 SURABAYA Nama : Nurul Hidayati NIM : 15020094022 Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan : Bahasa dan Sastra Jerman Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Drs. Ari Pujosusanto, M. Pd. Tahun : 2019 Keterampilan berbicara merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu dikuasai dalam pembelajaran bahasa jerman. Keterampilan berbicara sangat penting dalam proses pembelajaran untuk dapat menyampaikan pengetahuan yang dimiliki, namun berbicara tidak mudah karena membutuhkan banyak latihan, pembiasaan, penguasaan kosakata, penguasaan ekspresi, pemahaman materi, pemahaman tata bahasa, serta pemahaman pengucapan dan intonasi. Dengan banyaknya sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa jerman, salah satunya adalah media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam keterampilan berbicara bahsa jerman yaitu Media Board Game. Media Board Game merupakan media pembelajaran dalam bentuk permainan yang dimainkan dengan digerakkan dan dipindahkan pada permukaan yang telah ditandai berdasarkan seperangkat aturan (Mike Scorviano (2010). Dalam media tersebut memuat informasi yang berkaitan dengan tema yang dipelajari, sehingga dapat membantu siswa dalam melatih kemampuan berbicara bahasa jerman. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana hasil belajar keterampilan berbicara bahasa jerman menggunakan media Board Game kelas XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan berbicara bahasa jerman menggunakan media Board Game kelas XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. Sumber data penelitian yaitu berupa nilai hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. Penelitian dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Setelah itu data nilai hasil belajar tersebut dapat dideskripsiskan. Berdasarkan rerata hasil belajar pada pertemuan pertama siswa kelas XI A-3 Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya yaitu sebesar 70,19. Dan mengalami perbedaan hasil belajar yang meningkat pada pertemuan kedua, siswa kelas XI A-3 Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya mendapatkan rerata hasil belajar yaitu sebesar 87,78. Maka dapat disimpulkan bahwa media Board Game dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara bahasa jerman dan dapat dimanfaat dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa jerman. Kata kunci : Media Board Game, Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar

Copyrights © 2019