PAUD Teratai
Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016

PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B

APRILIA, SINDI (Unknown)
Kristanto, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2016

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Al-Iman Surabaya. Metode penelitian pada kajian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan menggunakan desain penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan teknik observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini menggunakan 20 anak usia 5-6 tahun di TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan tabel penolong uji jenjang Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi/kesalahan 0,05 atau 5% karena jumlah sampel yang diteliti (n) adalah 20 dapat diperoleh Ttabel=52, maka H1 diterima dan Ho ditolak karena Ho nilainya lebih kecil dari H1/Ho<H1 (0<52). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. Kata Kunci: metode inkuiri, kemampuan sains.   Abstract This quantitative research was aimed to prove whether there was influence of inquiry method toward science ability to group B children in TK Al-Iman Surabaya. This study uses a quantitative approach to research design Pre Experimental Design and research type One Group Pre-Test Post-Test Design.  The data was collected by observation technique non participant and documentation. This research used 20 children of 5-6 years old in TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. The analysis result used  Wilcoxon Match Pairs Test with table for Wilcoxon. The research result indicated that with 5% significant level / error because the total samples observed (n) was 20 so it could be obtained Ttable = 52 so H1 was accepted and Ho was refused because Ho value was smaller than H1 / Ho < H1 (0 < 52). In this way, it could be concluded that the inquiry method influenced toward science ability to group B children in TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. Keywords: Inquiry method, science ability

Copyrights © 2016